Dengan Auto ISO, Foto Anda Lebih Tajam Setiap Saat

Dengan Auto ISO, Foto Anda Lebih Tajam Setiap Saat

Katakan anda sedang traveling atau jalan-jalan sambil menenteng kamera, disaat tidak terduga akan selalu muncul momen yang sangat bagus untuk difoto. Momen seperti ini berlangsung sekejap dan tidak akan terulang lagi. Saat anda melihat momen tersebut dan langsung memotret agar tidak kehilangan momen, ada kemungkinan foto yang anda hasilkan akan kabur atau blur.

Kenapa blur? banyak alasannya, salah satunya adalah karena momen tersebut terjadi di area yang kondisi cahayanya tidak sempurna sehingga shutter speed kita lambat, katakanlah 1/60 detik. Dengan shutter speed seperti ini sementara kita memotret tidak dibawah sinar matahari langsung, dijamin foto anda akan sedikit blur. Bagaimana triknya?

Nikon auto iso d7000

Untuk mengindarinya, triknya adalah dengan mengaktifkan fitur Auto ISO yang ada dikamera. (kalau anda bingung kenapa menaikkan ISO bisa menaikkan shutter speed, baca konsep exposure dan baca konsep ISO untuk pemula) Dengan setting Auto ISO: ON, kamera akan secara otomatis menaikkan ISO saat shutter speed kamera menjadi lambat. Saat Auto ISO aktif, kita bahkan bisa menentukan batas minimal shutter speed dan juga menentukan ISO maksimum. Jadi seolah-olah kita perintahkan kamera: “Hey kamera, begitu shutter speed dibawah 1/125 detik, naikkan ISO, tapi jangan terlalu tinggi ya! maksimal 3200 ISO saja!!”

Bagaimana Cara Mengaktikan Auto ISO?

Dikamera DSLR Canon, pencet dan tahan tombol +/- ISO, lalu putar main dial sampai tertera A (Auto) di layar LCD atas, lalu pilih 1/125 detik sebagai shutter speed minimal.

Dikamera DSLR Nikon, masuk ke Shooting Menu, lalu ISO Sensitivity, pilih ISO Sensitivity Auto Control, pilih ON, lalu pilih 1/125 sebagai shutter speed minimum lalu klik OK.

Berapa Batas Maksimum ISO Yang Aman?

7d auto iso hero

Jawabannya tergantung kamera anda, sesekali ujilah noise yang dihasilkan kamera saat anda menggunakan ISO yang tinggi, misal 3200 atau 1600. Kalau di ISO 3200 anda masih oke dengan noise-nya pakai saja 3200 untuk batas maksimum ISO. Juga tergantung prioritas, anda lebih suka mana, foto yang blur atau foto yang dengan noise?

About deviverz
life is photography

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: